Buruknya Ruas Jalan Perbatasan Medan Deli Serdang

0
19

Medan – Ruas jalan penghubung Kabupaten Deli Serdang dengan Kota Medan, Sumatera Utara, rusak parah. Penuh lubang. Jika hujan air menggenang, jika kemarau abu beterbangan.


Ruas jalan tersebut berada di Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Nama jalannya, Jalan Pertahanan, merupakan akses utama warga ke Kota Medan.


Setiap pagi, warga melewati ruas jalan itu. Para ibu rumah tangga yang hendak berbelanja ke pasar tradisional, Simpang Limun, Kota Medan dan anak-anak sekolah saat naik angkutan kota, juga wajib melintasi jalan tersebut.


Pantauan Tagar, Senin 9 Desember 2019, kondisi jalan sangat memprihatinkan, dan penuh lubang di beberapa titik. Saat musim hujan seperti sekarang, jalan menjadi becek karena digenangi air. Tak sedikit pengendara nyaris terjatuh di sana.


Iya, jalan itu sangat memprihatinkan
“Kalau bupati dan wakilnya tahu ada jalan rusak yang membahayakan masyarakat atau pengendara, harusnya mereka cepat bertindak, memerintahkan kepala dinas terkait untuk melakukan pengaspalan. Kalau ditanya urgen atau tidak, ini tidak menjadi alasan. Yang jelas, jalan ini adalah jalan utama, perbatasan Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan,” kata seorang warga di sana, Julamri, Senin 9 Desember 2019.


Menurut dia, kondisi jalan rusak itu membahayakan warga. Dan itu sudah lebih dari dua bulan. Banyak pengendara nyaris terjatuh karena tidak tahu adanya lubang.
“Kalau hujan, lubang ini digenangi air, kalau pengendara tidak tahu dan kecepatan tinggi, pasti mereka akan jatuh. Sebelum adanya korban, semoga pemerintah cepat merespons dan mengaspal jalan ini,” kata dia.


Kepala Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Ahmad Arifin, mengakui ruas jalan di wilayahnya rusak parah.

“Iya, jalan itu sangat memprihatinkan. Masyarakat juga sudah ada yang mengeluh, nantinya akan kita masukkan dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrembang) di tingkat desa maupun kecamatan di bulan tiga tahun 2020,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here