BULUKUMBA- Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 yang dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat. Selasa, 10 Desember 2019. Penghargaan ini adalah keempat kalinya diterima oleh Butta Panrita Lopi, julukan Bulukumba.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali yang menerima penghargaan ini menyampaikan jika capaian dalam mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM tidak membuat OPD lengah.

“Kita mampu mempertahankan predikat Kabupaten Peduli HAM adalah hasil kerja keras bersama Pemerintah Daerah dan Masyarakat, tapi saya harap OPD jangan lengah dengan capaian ini, masih ada sektor yang harus dibenahi dan tentunya saya minta dukungan masyarakat untuk bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujar Andi Sukri.

Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Polhukam), Mahfud MD, Dirjen Hak Asasi Manusia, Kemenkum HAM, Mualimin Abdi dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Selain Bulukumba, ada 13 Kabupaten lainnya di Sulawesi Selatan yang turut menerima penghargaan serupa. Untuk skala Nasional, hanya 272 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan peduli HAM.

Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkum HAM, Mualimin Abdi yang didaulat untuk menyerahkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM ini, mengharapkan penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk para Kepala Daerah untuk lebih bekerja keras.

“Penghargaan ini bertujuan memotivasi dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat. Khususnya hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan,” ujar Mualimin Abdi. (Uno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here